Perancangan Prototype Sistem Kontrol Hybrid On/Off Lampu Berbasis Internet Of Things (Iot) Sebagai Upaya Penghematan Energi

Authors

  • Iin Muthmainnah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Husein Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Hasanudin Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Sistem kontrol hybrid, Internet of things, NodeMCU, MQTT

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan pengontrolan lampu rumah yang hanya dapat dikontrol dengan menggunakan saklar manual, sehingga ketika berada diluar rumah lampu tidak dapat dikontrol dengan jarak jauh. Hal ini menyebabkan banyaknya energi listrik yang terpakai jika lampu lupa dimatikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui sistem kerja kontrol hybrid on/off lampu berbasis Internet of Things (IoT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dan menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangannya. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Mikrokontroler yang digunakan dalam penelitian ini yaitu NodeMCU ESP8266. Penelitian ini menghasilkan sebuah alat yang dapat mengontrol lampu rumah dengan menggunakan dua sistem kontrol yaitu kontrol manual dan kontrol jarak jauh. Kontrol manual dilakukan dengan menekan saklar yang teerdapat pada rangkaian dan saklar jarak jauh dilakukan dengan menggunakan aplikasi MyMQTT sebagai kendali jarak jauh. Dengan menggunakan alat ini, dapat menghemat 16% kWh dari penggunaan energi lampu sebelumnya. Penggunaan alat ini diharapkan dapat memudahkan pengontrolan lampu rumah dan diharapkan dapat menghemat penggunaan energi listrik pada lampu rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Fuqaha, A., Guizani, M., Mohammadi, M., Aledhari, M., & Ayyash, M. (2015). Internet of things: A survey on enabling technologies, protocols, and applications. IEEE communications surveys & tutorials, 17(4).

Denih, A. (2020). Dasar-Dasar Pengembangan Integrasi GIS & IOT. Depok: Komojoyo Press.

Ilmawan, L. B., & Hasanuddin, T. (2017). Model Hibrid Untuk Pengontrolan Lampu Gedung Menggunakan Raspberry Pi. Jtriste, 4(2), 1-6.

Mulyanto, A. D. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian. MATICS, 12(1), 49-54.

Prada, M. A., Reguera, P., Alonso, S., Morán, A., Fuertes, J. J., & Domínguez, M. (2016). Communication with resource-constrained devices through MQTT for control education. IFAC-PapersOnLine, 49(6), 150-155.

Rizzardi, A., Sicari, S., Miorandi, D., & Coen-Porisini, A. (2016). AUPS: An open source AUthenticated Publish/Subscribe system for the Internet of Things. Information Systems, 62, 29-41.

Septama, H. D., Yulianti, T., & Sulsitiono, W. E. (2018). Smart Warehouse: Sistem Pemantauan dan Kontrol Otomatis Suhu serta Kelembaban Gudang.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulaiman, O. K., Widarma, A. (2017). Sistem Internet of Things (IoT) Berbasis Cloud Computing Dalam Campus Area Network.

Widja, I. B. P. (2018). Sistem IoT Berbasis Protokol MQTT Dengan Mikrokontroler ESP8266 dan ESP32. SNATIF, 5(1).

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Muthmainnah, I., Husein, & Hasanudin, L. (2023). Perancangan Prototype Sistem Kontrol Hybrid On/Off Lampu Berbasis Internet Of Things (Iot) Sebagai Upaya Penghematan Energi. Resistor: Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik, 1(1), 24–32. Retrieved from http://resistor.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/4