Analisis Perbandingan Lampu Led Dengan Lampu Halogen Pada Air Field Lighting (Afl) Sebagai Upaya Efisiensi Penggunaan Energi Listrik di Bandar Udara Halu Oleo

Authors

  • Nurliana Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Bunyamin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Yuni Aryani Koedoes Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hasmina Tari Mokui Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • St. Nawal Jaya Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Achmad Nur Aliansyah Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Bandara, Energi Listrik, LED, Halogen

Abstract

Pemanfaatan teknologi kelistrikan di Bandara Haluoleo salah satunya pada pelayanan pesawat, berguna memandu melakukan take off dan landing. Salah satu peralatan yang terdapat pada pelayanan pesawat yaitu AFL (Airfield Lighting System) yang digunakan membantu pesawat menuju landas pacu maupun ke tempat parkir menggunakan lampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan intensitas cahaya serta perbandingan efisiensi lampu halogen dan LED pada AFL. Data yang diperoleh dari Bandara akan dianalisis dengan menggunakan rumus dan data yang tersedia. Setelah data teknis yang dibutuhkan telah lengkap, selanjutnya perbandingan lampu LED dengan halogen pada AFL sebagai upaya efisiensi penggunaan energi listrik. Hasil perhitungan kuat cahaya pada lampu halogen di taxiway alpha dan lampu LED di taxiway bravo Bandar Udara Halu Oleo, menunjukkan bahwa kuat cahaya yang dihasilkan pada lampu halogen dengan daya 45 Watt sebesar 2.239,25 Cd. Sedangkan kuat cahaya yang dihasilkan pada lampu LED dengan daya 15 Watt yang menggunakan faktor refleksi 0,98 sebesar 6.539,05 Cd. Hasil perhitungan penggunaan energi pada lampu halogen pada taxiway alpha dan lampu LED pada taxiway bravo Bandar Udara Halu Oleo dalam setahun menunjukkan bahwa penggunaan energi pada lampu halogen sebesar 768,86 Kwh dengan biaya Rp 1.110.786,17. Sedangkan penggunaan energi pada lampu LED sebesar 256,28 Kwh dengan biaya Rp 370.256,06.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriansyah, Ronny Astama. (2017). Lux Meter sebagai Alat Bantu & Alat Ukur Industri. Academia, p. 6, [Online]. Jakarta :Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Available: https://mahasiswa.yai.ac.id/v5/data_mhs/tugas/1844290025/01Lux_Meter_sebagai_Alat_ukur_&_Alat_Bantu_Industri.pdf.

B. S. Nasional. (2011). Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan. Academia, p. 38, [Online]. Available: http://iaeeta.org/wp-content/uploads/2017/08/sni-03-6197-2000-Pencahayaan.pdf.

Chyntia Indrawati Martono. (2016). Analisa Tekno Ekonomis Penerapan Sistem Penerangan Lampu Light Emitting Diode Pada Kapal Perangkap Ikan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Daulay, Irlansi Mahapinsu. (2020). Analisis Audit Energi Listrik Untuk Pencapaian Efisiensi Energi di PT. Kamadjaja Logistik Unilever Medan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Husnayain, Faiz dkk. (2023). Analisis Perbandingan Kinerja Lampu LED , CFL , dan Pijar pada Sistem Penerangan Kantor. Jawa Barat: Universitas Indonesia.

Mustaqim, Muhammad Haddin. (2008). Perhitungan Kuat Cahaya pada Penerangan Jalan Umum Berstandar SNI 7391. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Peraturan Direksi PT. PLN Persero Nomor 0002 . (2015). Pelaksanaan Tarif Tenaga Listrik PT. PLN Persero. Jakarta.

Prabowo, Setiyo Ardi. (2020). Rancang Bangun Sistem Pencahayaan Pada Landas Pacu Bandar Udara Halu Oleo. Kendari : Universitas Halu Oleo.

Salam Dody. (2019). Airfield Lighting System (AFL), skripsi, pp. 5–44.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Nurliana, Bunyamin, Koedoes, Y. A., Mokui, H. T., Nawal Jaya, S., & Aliansyah, A. N. (2023). Analisis Perbandingan Lampu Led Dengan Lampu Halogen Pada Air Field Lighting (Afl) Sebagai Upaya Efisiensi Penggunaan Energi Listrik di Bandar Udara Halu Oleo. Resistor: Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik, 1(1), 33–44. Retrieved from http://resistor.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/18