Penerapan model blended learning berbantuan whatsapp untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak lurus dan melingkar di SMK Negeri 1 Kusambi

Authors

  • Al Iliyas Tamsa Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Arisona Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Blended learning, whatsapp, kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi keterlaksanaan pembelajaran model blended learning terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus dan melingkar. Penelitian eksperimen  ini menggunakan the pre test-post test two treatment design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model blended learning berbantuan whatsApp kelas X Perikanan maupun kelas X ATPH mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya sehingga dapat digambarkan keterlaksanaan model pembelajaran blended learning berbantuan whatsApp itu sudah sangat baik. Kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik untuk kelas X Perikanan pre-test bernilai 31,40 sedangkan kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik pada post test sebesar 87,8 dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,822. Untuk kelas X ATPH nilai  pre-test sebesar 31,00, post-test sebesar 87,2  dan n-gain sebesar 0,817. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran model blended learning berbantuan whatsApp dapat  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus dan melingkar kelas X SMK Negeri 1 Kusambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulah Walib, (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Vol. 7. No.1, hh. 855-866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Adinda Rizkiany Sutjijoso, Miranda D. Zarfiel. 2009. Harga Diri Dan Prestasi Belajar Pada Remaja Yang Obesitas. Jurnal Psikologi. Vol 3, No. 1

Akhmalia, NL, Maharta, N, & Wayan S, (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Statis terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, vol. 2, No. 2, hh. 56-64. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.299

Dwiyogo, Wasis D. (2016). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang : Wineka Media.

Fatima Ricardina. (2019). Penerapan Model Blended Learning Berbasis WhatsApp untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Berpikir kritis, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAK Kesuma Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Usaha dan Energi. Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta

Gunawan, Harjono, A & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 1, no. 1, hh 9-14. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230

Hadiansyah, Harris. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Kemahiran Menyimak di MAN Tulugagung. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 3 (3), 207-215, 2017.

Herwanto, R. (2013). Factors that cause language anxiety in the English classroom speaking performance in SMP Negeri 4 Pakem Yogyakarta. Yogyakarta: Yogyakarta State University.

Idris, H. (2011). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra’a. Vol. 5, No. 1, hh. 61-73. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Priyambodo, E, Wiyarsi, A & Sari, R.L.P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan.vol. 42 no 2 hh 99-109. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236

Sholihatin, T., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Mobile Instant Messaging pada Pembelajaran Materi Hukum Newton terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 1-10.

Sofi, Euis. (2016). Pembelajaran Berbasis E-learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan. vol. 1 no. 1 hh 49-64

Zebua, T., & Ndruru, E. (2017). Pengamanan Citra Digital Berdasarkan Modifikasi Algoritma RC4. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 4(4), 275-282.

Zuliarso, E., & Henry, F. (2017). Pemanfaatan Instant Messaging untuk aplikasi layanan akademik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMK, 18(2), 112-121.

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Iliyas Tamsa, A., Arisona, & Erniwati. (2023). Penerapan model blended learning berbantuan whatsapp untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak lurus dan melingkar di SMK Negeri 1 Kusambi. Resistor: Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik, 1(1), 1–8. Retrieved from https://resistor.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/1